Selasa, 02 Februari 2010

Tips menghindari virus komputer


  1. Pasang antivirus pada komputer, dan pastikan agar selalu ter-update untuk menghindari resiko penyebaran virus, dan matikan fungsi auto run sebagai langkah pencegahan awal (preventif) pada komputer.
  2. Lakukan back up data setiap bulannya, karena kalau data hilang resiko untuk memanggil kembali data perlu waktu dan belum tentu semua data dapat dipanggil, ingat pepatah sedia payung sebelum hujan.
  3. Berhati-hati terhadap media yang terhubung ke komputer, pastikan selalu melakukan scan terhadap semua media yang masuk komputer seperti flashdisk, kalau perlu lakukan format terhadap flashdisk yang terinfeksi virus.
  4. Lakukan monitoring terhadap komputer untuk antisipasi keberadaan virus dan berhati-hati saat mengklik file jika komputer sudah terinfeksi virus, jangan sampai terlanjur mengklik berakibat menyebarnya virus lebih jauh.
  5. Saat online hindari tipuan dan tawaran aneh yang nantinya bisa membahayakan komputer dan cek lagi sebelum men-download program secara online termasuk hindari surfing ke situs porno software bajakan karena kuda troya (trojan) siap menyusup.
  6. Tambah pengetahuan dan informasi di majalah dan website info (internet) seputar teknik antisipasi serangan virus dan malware.
  7. Mulailah menyayangi komputer dan data yang tersimpan di dalamnya, dengan melakukan tindakan preventif sebagaimana tips tersebut diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger